10/05/17

parasit penyebab penyakit nyilet pada lovebird


Kalau kita bicara tentang  lovebird pastinya tidak ada habisnya, ya memang burung jenis ini sedang tenar-tenarnya pada waktu ini.dan pembahasanya pun tidak ada habisnya. Mulai dari masalah perawatan, penyakit,penunjang performa dan lain lainya. Nah pada artikel kali ini saya akan membahas penyakit yang sering terjadi pada lovebird, saya akan fokus tentang masalah nyilet (prominent keel,) istilah sononya. Mungkin dari kita masih belum tahu dan faham betul tentang berat badan ideal pada lovebird, kalau dari beberapa reverensi yang saya baca berat badan ideal untuk lovebird adalah 45 –55 gram, jadi kalau lebih berat atau kurang dari itu pastilah ada yang tidak beres pada kesehatannya.

     Baiklah pokok masalah pada kali ini terperinci pada beban lovebird yang kurang dari 45 gram. Yang sering kita sebut dada nyilet. Nyilet terjadi karena lovebird kekurangan gizi, penyakit atau yang lainya. Secara umum, penonjolan tulang dada pada lovebird terjadi karena banyak massa otot yang hilang (atrophying). Hal ini merupakan efek langsung dari penurunan bobot badan secara bertahap (akibat kekurangan gizi) maupun secara mendadak (penyakit). Dan kita harus cepat ambil tindakan untuk mengobatinya, agar tidak terjadi hal yang tidak dinginkan pada burung kesayangan kita.
Berikut beberapa faktor yang menyebabkan nyilet:
a.Penyakit gondok

b.Parasit
  •   Gairdia
  •   Lalat
  •   Cacing gelang
  •   Kutu
  •   Tungau kulit

c.permasalahan dengan paruh

d.makanan
  •     menyangkut gizi dan porsi

e.keracunan

f.bakteri



Baiklah haya itu yang dapat saya sampaikan semoga bisa bermanfaat bagi kita. Bila dari teman-teman ada saran dan kritik silahkan postkan pada kolom koment.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara ternak murai batu

Ternak murai batu  menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat prospek, mengapa? melihat permintaan pasar yang kini terus meningkat, dan ...